Selamat Datang Mahasiswa Baru di Kampus ITNY

Berita


Selamat Datang Mahasiswa Baru di Kampus ITNY

Sabtu, 25 September 2021 - Kabag Kemahasiswaan

Pada hari Senin, 20 September, Pengenalan Pendidikan Tinggi Bagi Mahasiswa Baru (PPTMB) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) 2021 dimulai dan berlangsung selama tiga hari. Kegiatannya bertemakan “Generasi Technopreneur Bermoral Tangguh Kreatif dan Adaptif”.

Dalam kesempatan tersebut, sambutan dari Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim menyampaikan selamat kepada mahasiswa baru melalui video rekaman yang dibagikan. Nadiem menjelaskan bahwa melalui kampus merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berusaha memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa Indonesia untuk belajar di luar prodinya atau di luar kampus, dan meminta semua berkontribusi aktif dalam kemajuan negeri dalam mendukung program kampus merdeka. Manfaatkan masa kuliah kalian untuk mengenal diri kalian, ucap Wakil Rektor III ITNY, Dr. Hill Gendoet Hartono, S.T., M.T.

Wahana pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses adaptasi terhadap lingkungan, disrupsi kehidupan sosial dan transisi menjadi manusia yang lebih dewasa dan mandiri, jelas Rektor ITNY, Dr. Ir. Ircham, M.T.

“Selamat kepada mahasiswa baru yang diterima di Institut Teknologi Nasional Yogyakarta, bagaimana wujud syukur tersebut, tentunya teman-teman memiliki komitmen sebagai mahasiswa, akan bertanggung jawab bagi diri sendiri maupun masyarakat, untuk mengetahui menjadi seorang mahasiswa harus mengikuti serangkaian kegiatan PPTMB (Pengenalan Pendidikan Tinggi Bagi Mahasiswa Baru) ini sebagai gerbang awal untuk mengenal kehidupan kampus,” jelas Rizqi Muhammad Mahbub, Ketua Panitia Penyelenggara PPTMB

“Pelaksanaan kegiatan PPTMB tahun ini menghadirkan pameran virtual, yang dapat dikunjungi setiap waktu,” pungkas Rizqi.

Rangkaian kegiatannya dimulai dari Pra PPTMB, dikemas dengan acara webinar selama tiga hari dengan narasumber Psikolog Noori Lukman “Mengenali diri sendiri sebelum memasuki dunia kampus” dan “menggali potensi dalam diri”, selanjutnya pemateri Anton Raharjo sebagai Jurnalis Internasional yang mempunya banyak pengalaman di beberapa media dan mengisi “pentingnya literasi media di kehidupan sehari-hari”.

Materi PPTMB diantaranya wawasan kebangsaan, orientasi Pendidikan di Perguruan Tinggi, dan Pengenalan Kampus, mengacu pada Panduan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang telah disusun oleh tim dari Direktprat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek Tahun 2021.

Teman-teman mahasiswa baru adalah penerus masa depan bangsa, namun dengan kerja keras dan kerja nyata guna menghadapi tantangan masa depan yang memasuki era revolusi industri (hadirnya robot-robot pintar, Artificial intelligence), era perubahan yang sangat dinamis. Digitalisasi, Computing, data analytic terobosan-terobosan yang mengejutkan, mendisrupsi kehidupan dan peradaban. Revolusi Industri 4.0 juga berdampak negatif seperti merebak hoaks di beberapa media sosial. Sebagai mahasiswa harus agile terhadap lingkungan sekitar.

“Mengenal tentang cross culture di kegiatan Pra PPTMB hingga acara inti seperti: budaya, agama, latar belakang, suku hingga bahasa,” tegas Dava, seorang mahasiswa baru Prodi Teknik Geologi, yang menceritakan pengalamannya saat di sela-sela kegiatannya.

“PPTMB 2021, tak lepas dari kerjasama dengan mahasiswa sebagai kakak pendamping dan segenap panitia, yang turut mengarahkan dan membimbing adik-adik mahasiswa baru untuk dapat mengenal kehidupan kampusnya,” ungkap Ketua Panitia PPTMB 2021.